KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL DALAM KONTEKS PERSAHABATAN

Posted: 28 Mei 2011 in ALL ABOUT LIFE

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yamg menggambarkan perilaku kerjasama dan saling mendukung antar dua orang atau lebih . Dalam pengertian ini , istilah-istilah persahabatan mengambarkan suatu hubungan yang melibatkan beberapa hal. Hal tersebut antara lain bahwa sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukan kesetiaan satu sama lain. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku saling menolong, saling memberi seperti tukar menukar nasehat saling memberi masukan dan menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang akan memperlihatkan perilaku yang bebalasan dan reflektif. Meskipun demikian bagi banyak orang persahabatan seringkali tidak lebih dari pada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan dan menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan sering kali apa yang di hasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan perlakuan yang konsisten, perlakuan tersebut antara lain:

  • Perlakuan memberikan apa yang terbaik bagi satu sama lain
  • Simpati atau empati
  • Kejujuran ,meskipun dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran
  • Saling pengertian

Sering kali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat di ungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit , ketika mereka datang untuk menolong, dibandingkan hubungan pribadi persahabatan di anggap lebih dekat daripada sekedar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antara kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda, bagi banyak orang persahabatan merupakan hubungan yang lebih dekat, serta lebih mengenal satu sama lain daripada pertemanan. Dalam konteks persahabatan ada 3 hal pedoman untuk memupuk kepercayaan komunikasi antar personal di dalam hubungan persahabatan, yaitu :

  1. Berusaha aktif memperluas kepercayaan terhadap sesuatu yang terjadi di sekeliling kita, meskipun pada sebagian orang, hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama
  2. Kepercayaan terhadap orang lain haruslah bersifat sementara, dilakukan sedikit demi sedikit dengan memberikan penjelasan mengenai apa yang kita kawatirkan “ apa yang kita terapkan dari teman kita “, serta “ apa yang ingin kita capai “
  3. Kepercayaan tidak banyak diberikan tetapi juga diperoleh. Ketika kita menjalani hubungan persahabatan, kita akan mengharapkan adanya kepecayaan terhadap sahabat kita dan juga akan memberikan kepercayaan kepadanya. Selain kepercayaan, kita juga perlu mengembangkan ras tanggung jawab dalam membina hubungan persahabatan yang baik.

Dalam komunikasi antar personal terdapat beberapa hambatan yang ada, hambatn-hambatan tersebut antara lain sebgai berikut :

  1. Bahasa : Dalam komunikasi peranan bahasa sangat penting karena bahasa merupakan salah satu alat bahasa verbal yang digunakan dalam berkomunikasi. Bila dalam suatu komunikasi ada kesalahpahaman yang terjadi yang disebabkan oleh bahasa itu akan menjadi hambatan dalam komunikasi .
  2. Budaya : Budaya juga sangat penting dan berpengaruh. Bila dalam komunikasi ada perbedaan latar budaya dan tidak terdapat titik temu antar satu dengan yang lain hal ini dapat menjadi bomerang dalam proses komunikasi sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman antar personal yang dapat membuat perpecahan.
  3. Kebenaran yang semu : Maksud dari kebenaran yang semu adalah benar tidak dan salahpun juga tidak. Dan dalam kata-kata yang digunakan ada bumbu kebohongan di dalamnya. Dalam sebuah komunikasi harus ada kejelasan ataupun kejujuran agar ada keterbukaan antar personal.
  4. Penipuan : Hambatan komunikasi yang lain adalah penipuan. Dalam sebuah komuikasi bila terjadi penipuan akan merusak keakraban yang sudah terjadi dan sudah terpelihara selama ini.
  5. Tujuan yang tidak jelas : Dalam komunikasi harus ada kejelasan dalam berhubungan agar ada tujuan yang pasti, apabila tidak ada tujuan yang jelas akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya misskomunikasi yang dapat memecahkan hubungan antar sahabat ataupun hubungan antar personal yang lainya.
  6. Salah paham : Terkadang di dalam suatu komunikasi terjadi salah paham dalam interpretasi, respon, dan asumsi. Dan ini membuat suatu kesalahpahaman dalam berkomunikasi sehingga dari kesaahpahaman ini bisa terjadi perusakan suatu komunikasi. Selain itu apabila kesalahpahaman terus berlanjut dalam suatu hubungan komunikasi. Hubungan komunikasi antar personal tersebut bisa pecah atau ada pemutusan hubungan.
  7. Sisi historis/ pengalaman : Setiap orang pasti memiliki pengalaman sendiri-sendiri bila dari pengalaman orang yang satu dengan yang lain tidak ada titik temu maka terjadi kesalahpahaman. Dan bila orang yang bersangkutan tidak segera memperbaiki bisa saja terjadi perusakan yang berakhir dengan pemutusan suatu hubungan atau komunikasi.
  8. Menganggap enteng lawan bicara : Dalam suatu komunikasi atau hubungan kita harus bisa menghormati antar personal agar tercipta suatu hubungan yang harmonis. Tapi apabila tidak ada rasa saling menghormatimaka akan terjadi hal-halyang tidak diiiginkan misalnya pemutusan hubungan.
  9. Mendominasi pembicaraan : Komunikasi dua arah akan berhasil bila kita saling mengisi dan melengkapi. Bila ada seorang yang lebih mendominasi suatu pembicaraan komunikasi tersebut tidak akan efektif dan tidak akan berjalan dengan lancar.
  10. Pihak ketiga : Ketika terjadi komunikasi dua arah jangan sampai ada pihak ketiga yang datang karena pihak ketiga atau orang yang tidak diundang dapat merusak suatu komunkasi yang sudah terbina dari awal. Hal ini dapat terjadi karena pihak ketiga tidak tahu dari awal apa yang terjadi dalam komunikasi dua arah yang sebelumnya dan dai bisa merusak sedikit demi sedikit komunikasi atau hubungan yang sudah tercipta sebelumnya.

Dengan adanya, tiap personal terjadi proses komunikasi yang bertujuan untuk mengenali satu dengan lainnya, maka dari itu komunikasi yang terjalin harus terdapat pengertian serta kepercayaan antar persona, selain itu terdapat beberapa komponen yang harus dijaga untuk menjaga hubungan komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat mengakibatkan perusakan atau pemutusan.

so, Good Luck …

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s